Baznas Provinsi Banten Membantu Penyaluran Zakat ASN Pemprov Banten

Baznas Provinsi Banten Membantu Penyaluran Zakat ASN Pemprov Banten

0 18

Wahidin Halim – Saya sudah lama menginstruksikan kepada seluruh ASN yang berada di Pemerintahan Provinsi Banten untuk membayarkan zakat profesinya kepada UPZ Baznas Provinsi Banten, saya sendiri bukan hanya mengintruksikan namun juga mempelopori pembayaran zakat saya kepada Baznas.

Karena saya yakin UPZ ( Unit Pengumpulan Zakat ) Baznas Provinsi Banten akan amanah dalam menyalurkan zakat yang kita amanahkan kepada mereka, sebab Baznas sudah faham betul tentang pembagian 8 golongan asnaf yang harus mendapatkan bantuan dari zakat yang kita salurkan kepada mereka.

Beberapa waktu lalu di Masjid Raya Al-Bantani KP3B, Curug, Kota Serang (16/6/2020), saya mendapatkan informasi bahwa disana di adakan penyaluran zakat dari Baznas Banten berupa beasiswa kepada siswa dan siswi yang sedang bersekolah di tingkat SMP dan SMA di Banten, agar mereka bisa melanjutkan pendidikannya, dan fokus dalam meraih prestasi di sekolahnya masing-masing tanpa harus takut putus sekolah.

Dalam pelaksanaan pemberian santuan zakat untuk beasiswa ini juga tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan covid 19, seperti mencuci tangan dengan sabun sebelum masuk masjid, menjaga jarak aman, dan juga tidak melakukan salaman dengan orang lain disaat acara pembagian santunan tersebut.

Baznas Provinsi Banten Menyalurkan Zakat dari ASN Pemprov Banten atas instruksi dari Gubernur Banten Wahidin Halim

Dana zakat yang terkumpul dari para ASN di lingkungan Pemerintahan Provinsi Banten saja mencapai kurang lebih 1 Milyar rupiah perbulannya, di salurkan untuk orang-orang yang sangat membutuhkan uluran tangan kita di wilayah Banten.

Seperti bantuan kursi roda untuk para penyandang disabilitas, perbaikan sarana dan prasarana masjid, untuk jompo yang sangat membutuhkan dan juga untuk para marbot Masjid dan guru ngaji yang harus kita bantu dan kita sejahterakan kehidupannya, karena mereka mengabdikan hidupnya agar syiar Islam di Banten tetap hidup.

Ada kurang lebih 4000 orang guru ngaji yang tidak memiliki pendapatan tetap berada di wilayah Provinsi Banten dan sudah mendapatkan sertifikat serta akan mendapatkan bantuan insentif setiap bulannya, untuk membantu kehidupan mereka sehari-hari.

Untuk penyaluran bantuan zakat dari UPZ Baznas Provinsi Banten dilakukan dengan cara door to door, langsung ke rumah-rumah 8 asnaf yang mendapatkan bantuan, datanya didapatkan dari para sukarelawan yang membantu mencarikan orang-orang yang masuk dalam kriteria orang yang berhak mendapatkan bantuan dari UPZ Baznas Provinsi Banten.

Ada juga orang-orang yang ingin mendapatkan bantuan dari Baznas membuat proposal pengajuan untuk di ajukan dan ditinjau oleh team relawan Baznas Banten apakah orang yang menyerahkan proposal tersebut benar-benar berhak mendapatkan bantuan atau tidak, agar bantuan yang kita berikan tepat sasaran.

Semoga bantuan dari UPZ Baznas Provinsi Banten ini dapat membantu meringankan saudara-saudara kita yang kurang beruntung, yang termasuk dalam 8 asnaf yang wajib mendapatkan bantuan zakat di Provinsi Banten di tengah pandemi covid 19 ini.

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: