Kota Serang – Gubernur Banten Wahidin Halim didampingi Wakil Gubernur Andika Hazrumy dan Pj Sekda Ino S Rawita bersama kepala organisasi  perangkat daerah (OPD) melaksanakan rapat koordinasi terkait laporan pelaksanaan pembangunan daerah realisasi  tahun anggaran 2018 dan persiapan pelaksanaan tahun anggaran 2019 di ruang rapat kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Banten, KP3B, Curug Kota Serang, Senin, (07/01/19).

Gubernur memberikan apresiasi kepada aparatur sipil negara (ASN) Provinsi yang sudah bekerja dengan baik pada tahun 2018.

“Kita  (Pemprov) akan memberikan reward berupa tunjangan kinerja (tukin) kepada ASN yang melaksanakan tugas atau kinerja dengan baik, tetapi bagi ASN yang tidak bekerja atau tidak melaksanakan tugas dengan baik maka akan di berikan punishment atau hukuman,” kata Gubernur.

Dalam rapat tersebut Gubernur WH meminta kepada masing masing kepala OPD untuk memaparkan capain realisasi anggaran tahun  2018 dan perencanaan  yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2019. Gubernur mengharapkan apa yang sudah bisa dilaksanakan harus dievaluasi.

“Untuk program yang bermanfaat bagi masyarakat segera dikerjakan jangan di tunda tunda. Kalau bisa dipercepat kenapa harus di tunda-tunda,” ungkap Gubernur.

Gubernur WH juga meminta  kepada Unit Layanan Pengadaan (ULP) untuk melaksanakan lelang secepatnya, agar pelaksanaan pembangunan bisa di selesaikan dengan target yang direncanakan.

Terkait dengan penanganan pasca tsunami,  Gubernur WH mengharapkan kepada OPD untuk terus memantau melalui posko, termasuk untuk kebutuhan  bagi masyarakat yang menjadi korban tsunami. “sekarang kita akan membangun  hunian sementara bagi korban yang rumahnya rusak terkena tsunami,” ujarnya.

Gubernur menjelaskan, saat ini Pemprov Banten dengan Pemkab Pandeglang, BNPB dibantu TNI dan Polri sedang membuat hunian sementara untuk masyarakat yang rumahnya terkena tsunami, termasuk membangun sekolah darurat.

“Kita harus hadir sebagai pemerintah yang bisa meringankan beban korban tsunami, provinsi  harus  hadir untuk terus berkordinasi dengan pihak terkait. Apa yang menjadi tanggung jawab provinsi akan kita laksanakan,” tegas Gubernur.

Kepada RSUD Banten, Gubernur WH mengharapkan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat termasuk melengkapi sarana dan prasarana. “Rumah sakit banten harus menjadi rujukan bagi masyarakat banten karena kesehatan adalah salah satu prioritas program Provinsi Banten,” ujarnya.