Bersama Wakil Presiden Melepas Produk UMKM Banten

Mendampingi Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma'ruf Amin di Acara Pelepasan Produk UMKM Banten

0 324

Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) menyambut dan mendampingi Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin meresmikan Ekosistem Global Halal Hub dan Pelepasan Ekspor Produk UMKM Tahun 2022 di Great Western Resort Jl. MH Thamrin Km. 2,7 Kota Tangerang, Kamis (27/01/2022). Ekosistem Global Halal Hub diharapkan menjadi gerakan sinergitas Nasional menuju Indonesia sebagai pusat produsen halal dunia di Tahun 2024.

Mendampingi Wakil Presiden Indonesia K. Ma’ruf Amin yang juga merupakan tokoh Banten di dalam acara peresmian Ekosistem Global Halal Hub dan Pelepasan Ekspor Produk UMKM Tahun 2022 dari produk yang di hasilkan para pelaku UMKM di Banten, yang bertempat di Great Western Resort Tangerang.

Menurut data dari Bapak Wakil Presiden Republik Indonesia Bahwa UMKM sangat berperan penting dalam kemajuan ekonomi di Indonesia.

“UMKM sebagai pilar penting perekonomian Indonesia, kontribusinya sekitar 60% dari PDB atau Rp9.580 triliun. UMKM mampu menyerap tenaga kerja 96,9% serta mampu menghimpun 60,4% dari total investasi. Pemerintah mendorong pelaku UMKM menjadi pelaku usaha menengah dan besar. Di antara 64 juta pelaku usaha di Indonesia, 98,6% usaha mikro dan 1,2% usaha kecil”

Masih menurut Wapres KH Ma’ruf Amin, pada sektor industri produk halal, pemerintah terus mendorong peninngkatan kinerja ekspor produk halal melalui infrastruktur dan klaster industri halal, percepatan standarisasi halal secara komprehensif, serta peningkatan kontribusi industri halal terhadap neraca perdagangan nasional di sektor-sektor unggulan.

Ekspor Produk UMKM Banten Oleh Wakil Presiden Indonesia dan Gubernur Banten Wahidin Halim
Pemerintah juga mendorong seluruh pihak untuk memanfaatkan potensi ekonomi digital Indonesia yang sangat besar dan masih akan tumbuh ke depan. Pada Tahun 2025 diprediksi akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara, diperkirakan mencapai Rp 1700 triliun.

Yang harus di lakukan oleh warga Banten saat ini adalah bagaimana memanfaatkan peluang ini, jangan sampai warga Banten hanya jadi konsumen di tengah derasnya ekonomi digital ini, dengan hanya menggunakan HP yang rata-rata di miliki oleh warga Banten kita bisa menjadi pelaku ekonomi digital dengan cara menjual produk-produk UMKM di internet.

Banyak sekali produk warga Banten yang bisa di kapitalisasi dengan kekuatan digital, baik dengan menggunakan marketplace skala nasional, maupun skala international seperti amazon, e-bay dan platform lainnya, agar daya jangkau pemasarannya lebih luas dibandingkan dengan hanya menggunakan yang skala nasional.

Namun jangan juga menyepelekan marketplace yang sudah berkembang luar biasa di Indonesia, gunakan kekuatan marketplace tersebut untuk menjangkau pasar nasional yang tentunya sangat menjanjikan, baik dengan produk kuliner, kerajinan tangan, ataupun yang lainnya dari warga Banten.

Selanjutnya tidak ketinggalan juga kekuatan social media, dari mulai facebook, Instagram, tiktok, sampai dengan youtube juga harus kita kuasai dan kita merajai dalam produk yang kita produksi di dalam marketplace tersebut, sehingga dengan menjadikan kita market leader di dalam marketplace tersebut, kita akan dapat memutarkan roda ekonomi disekitar kita.

Seperti membuka lapangan pekerjaan bagi anak-anak muda di sekitar kita dan membeli bahan pokok yang ada di wilayah kita, sehingga kita akan dapat memutarkan ekonomi kita, dan Banten bisa segera pulih ekonominya pasca pandemi covid-19 ini.

Leave A Reply